Minggu, 10 Februari 2013

Mengajar di SDN Maja Utara 1

Deskripsi Kegiatan

Hari ini, kamis, 31 Januari 2013, kami mengadakan kegiatan belajar mengajar di SDN Maja Utara 1. Pagi-pagi sekali kami telah bersiap-siap karena bel sekolah berbunyi pukul 07.00 wib. Setelah briefing kami langsung berangkat ke sekolah yang letaknya persis di depan rumah tempat kami tinggal.

Dengan jadwal yang telah kami bagi sebelumnya kami langsung menuju kelas masing-masing. Kami mengajar di seluruh kelas mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kami mengajar semua mata pelajaran yang diajarkan pada hari Kamis. Mata pelajaran yang diajarkan antara lain matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Basa Sunda, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya dan Keterampilan (SBK), Pendidikan Agama Islam (PAI), dan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN).

Ketika pertama kali berhadapan dengan siswa SD rasanya sangat tegang. Kegiatan mengajar ini merupakan pengalaman bagi kami semua. Kami dituntut untuk berinteraksi dengan semua siswa. Kami pun belajar untuk menarik perhatian semua siswa-siswi. Beruntungnya kami diberi kebebasan untuk mengajar siswa sesuai dengan kreatifitas kami sehingga kami membuat konsep-konsep yang dapat menarik minat belajar mereka. Kami membuat sistem pelajaran lebih hidup. Kami memancing minat belajar mereka dengan games-games yang menarik. Kami memberikan hadiah kepada siswa yang berani berdiri di depan untuk membaca puisi, membuat gambar, menjadi contoh di depan kelas dan lain sebagainya.

Dan akhirnya usaha kami berbuah manis. Kami mampu menarik perhatian siswa siswi. Bahkan ketika istirahat pun mereka menghampiri kami untuk mengobrol. Kami pun belajar banyak dari mereka. Mereka mempunyai cita-cita yang sangat tinggi. Ada yang ingin menjadi dokter, polisi, pemain sepak bola, bahkan menjadi presiden. Mereka mengajarkan kami untuk percaya diri dan optimis dalam menggapai cita-cita. Anak-anak sangat antusias dengan kedatangan kami.

Hal menarik lainnya adalah kami bertemu dengan anak-anak yang mempunyai karakteristik yang unik. Ada anak yang selalu tidak mau duduk di tempat duduknya. Ada juga yang pendiam. Semuanya menarik perhatian kami.

Hambatan
  1. Untuk anak-anak kelas 1 ada pengelompokan bangku tempat duduk berdasarkan daya tangkap mereka dan karena mereka duduk di belakang, mereka kurang bisa melihat dengan jelas tulisan yang ditulis di papan tulis;
  2. Berubahnya jadwal mata pelajaran pada saat hari H sehingga ada satu mata pelajaran di setiap kelas yang terbengkalai;
  3. Kurangnya pengetahuan dan pengalaman kami sebagai pengajar dan kurangnya koordinasi dengan guru tentang cara mengajar.

Saran
  1. Sebaiknya guru tidak mengelompokan murid-murid berdasarkan daya tangkap mereka dan sebaiknya tempat duduk di ubah agar setiap siswa dapat melihat dengan jelas apa yang di tulis di papan tulis;
  2. Sebaiknya pihak sekolah memberitahukan jadwal pelajaran kepada kami terlebih dahulu;
  3. Sebaiknya kami mendapatkan cara pengajaran terlebih dahulu, agar ketika terjun langsung dengan murid-murid kami bisa menguasai materi.



1 komentar: